Wartawan sehari

Hey sobat yang dirahmati oleh Allah SWT, amin.. 

Pernahkah kalian menjadi seorang wartawan?.. 

Sebagai pelajar khususnya SMA dan mahasiswa-mahasiswi pasti pernah dunk menjadi wartawan untuk menjalankan tugas dari bapak ibu guru. Meskipun hanya tugas wawancara kepada sesama teman ataupun warga sekitar, kita telah belajar menjadi seorang wartawan lho..

Hari Minggu tepatnya tanggal 29 April 2012, saya dan teman-teman berniat untuk mengerjakan tugas dari bu guru, untuk membuat procedur wawancara, kemudian kami praktekan kepada narasumber yang telah kami pilih. Kami pergi menuju malioboro untuk mencari turis dan kami jadikan narasumber. saya pikir mudah lho mencari orang yang mau menjadi narasumber, setelah 2 turis kami tawarkan untuk menjadi narasumber mereka selalu menolak. Akhirnya kami memutuskan untuk mencari orang lain saja, huuhhh ternyata begini susahnya jadi wartawan, harus mencari narasumber yang benar-benar mau untuk dijadikan narasumber.

 Untuk membuat wawancara yang baik dan benar berikut ada procedur yang harus disiapkan sebelum wawancara :

1.  Menentukan tema, tujuan, dan pokok-pokok pikiran yang akan ditanyakan.
2. Menyusun daftar pertanyaan secara sistematik.
3. Menentukan narasumber.
4. Menyiapkan sarana dan prasarana narasumber. 
5. Menyusun hasil wawancara.

Dari procedur diatas kita dapat menyusun wawancara dengan mudah. Menulis pertanyaan tidak harus menggunakan kertas yang banyak dan besar. Kita bisa menulis poin-poinnya saja dan kita dapat mengubah menjadi pertanyaan yang detail ketika berlangsungnya wawancara dengan narasumber, hal ini adalah trik supaya tidak terlalu banyak menulis pertanyaan di selembar kertas.

Setelah melakukan wawancara, kemudian kita dapat menulis hasil wawancara, cara menulis wawancara yang baik adalah sebagai berikut :

1. Mencatat topik wawancara.
2. Menulis narasumber.
3. Mencatat pokok-pokok informasi dalam wawancara.
4. Mengembangkan pokok-pokok informasi tersebut menjadi beberapa paragraf yang runtut dan padu.

Nahh kurang lebihnya seperti ini untuk menjadi wartawan ataupun untuk menjalankan tugas wawancara dari guru-guru kita. dan setelah mendapatkan narasumber, sebelum akan wawancara kita harus membuat janji terlebih dahulu agar narasumber bisa menempatkan waktunya untuk si wawancara.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar